Panduan Lolos Seleksi PCPM BI

0
22

Panduan Lolos Seleksi PCPM BI

PCPM BI merupakan singkatan dari Pendidikan Calon Pegawai Muda Bank Indonesia. Umumnya seleksi masuk PCPM BI diselenggarakan tiap-tiap dua th. sekali atau sesuai sama keperluan SDM BI atas pegawai. PCPM BI yaitu satu diantara jalur rekrutmen pegawai BI yang terbagi dalam sebagian tes salah satunya yaitu :

1. Tes Administrasi

Pada step ini beberapa pelamar bakal diseleksi beragam kelengkapan administrasinya dari mulai ijazah, KTP, akta kelahiran dsb. Tips-nya yaitu buat persiapan semuanya dokumen yang dipersyaratkan dengan baik serta mesti komplit. Ikuti semuanya ketetapan yang dipersyaratkan, dari mulai warna map apa yang perlu dipakai untuk memasukkan dokumen s/d posisi dokumen yang bakal dimasukkan kedalam map. Panduan utama yang lain yaitu mesti miliki IPK minimum 3. 00. Untuk rekan-rekan yang berasa lulusan PTS juga janganlah takut untuk coba. Asumsi kalau cuma lulusan PTN saja yang dapat masuk BI tidak seutuhnya benar. Sebenarnya latar belakang pendidikan pegawai BI sangat bermacam dari mulai PTN, PTS bahkan juga lulusan luar negeri semuanya ada. Yang terutama yaitu mempunyai kompetensi yang baik karna jika IPK kita dibawah 3. 00 jadi system bakal dengan automatis menampik pelamar itu. Score TOEFL harus juga disediakan walau pada step selanjutnya ada tesnya sendiri namun jika telah terlatih serta dapat menjangkau score TOEFL minimum 500 dapat jadi keuntungan sendiri untuk calon pelamar.

2. Tes Kekuatan Umum, Pengetahuan Umum serta Pengetahuan Khusus

Sesudah pelamar dinyatakan lolos pada tes step 1, yakni tes administrasi jadi bagian setelah itu yaitu tes kekuatan umum, pengetahuan umum serta pengetahuan spesial. Tes ini hampir sama seperti tes seleksi pegawai ditempat beda. Tips-nya yaitu jujur dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan sekitar problem pribadi, memperbanyak wawasan terlebih tentang bebrapa gosip terhangat didalam ataupun luar negeri, serta luangkan mengujungi situs BI karna di sana banyak info bermanfaat yang di sampaikan tentang BI jadi bentuk transparansi BI pada umum. Panduan terutama yaitu makan dan tidur yang cukup sebelumnya ikuti tes karna tes yang bakal diselenggarakan cukup lama saatnya, datang ke tempat tes lebih awal dari saat tes yang ditetapkan serta sebaiknya bila satu hari sebelumnya proses tes calon peserta tes sudah tahu lebih dahulu ruang tes yang bakal dipakai. Cermati semua ketetapan untuk ikuti tes, termasuk juga pakaian apa yang perlu dipakai, bisa atau tidak membawa kendaraan pribadi ke tempat tes, akses transportasi menuju tempat tes, dsb. Banyak yang ingin mengikuti tes ini lantaran tergiurĀ gaji pegawai bank indonesia yang memang cukup banyak.

3. Tes Bhs Inggris (Pendahuluan) serta Tes Psikologis Tertulis

Untuk bagian tes ini kekuatan serta pemahaman bhs inggris beberapa pelamar bakal ditest. Namun janganlah takut dahulu untuk yang berasa kekuatan bhs inggrisnya pas-pasan karna bhs inggris yang ditest dalam step ini masih tetap berbentuk mendasar seperti pemakaian subyek serta predikat dengan pas. Untuk tes psikologis tertulis jawab tiap-tiap pertanyaan dengan jujur karna jika jawaban kita dibuat-buat jadi bakal tampak inkonsisten selanjutnya hingga bakal merugikan sendiri. Tips-nya untuk bagian tes kesempatan ini sama juga dengan tes step dua, yakni istirahat serta makan yang cukup sebelumnya ikuti tes serta datang ke tempat tes lebih awal dari saat proses tes dan tahu tempat tes dikerjakan. Cermati kriteria-persayaratan untuk ikuti tes. Untuk problem baju yang dipakai, jika tak ada ketentuan yang mengatakan mesti kenakan pakaian apa untuk ikuti tes step 3 jadi baiknya pakai type serta warna baju seperti ketika ikuti tes step 2.

4. Diskusi Grup serta Wawancara Individu

Pada step ini peserta tes bakal dibagi dalam kelompok-kelompok yang terbagi dalam 6-7 orang. Setelah itu semasing grup bakal di beri skenario masalah, dapat berbentuk gosip terbaru yang tengah ramai dibicarakan. Tips-nya yaitu mesti aktif bicara sepanjang diskusi namun janganlah menguasai sistem diskusi. Berikan peluang pada rekanan sekumpulan untuk bicara, hal semacam ini malah berikan nilai plus pada kita dibanding dengan jika kita menguasai sistem diskusi. Jadilah time remainder untuk grup serta upayakan mengarahkan diskusi sesuai sama tema bila diskusi beberapa rekanan sekumpulan mulai melebar dari inti tema. Selanjutnya yaitu wawancara perorangan pada peserta tes dengan psikolog. Dalam wawancara ini kita mesti berlaku hangat serta ramah. Jawab tiap-tiap pertanyaan yang diserahkan dengan deskriptif namun masih tetap efisien. Berarti terangkan jawaban kita dengan baik namun janganlah bertele-tele. Yang utama yaitu juicet be your self and relax.